Berbagi Pengalaman Dot Com ( BPDC )

Home » , , , » Cara Membuat Karikatur Wajah dari Foto

Cara Membuat Karikatur Wajah dari Foto

Posted by Berbagi Pengalaman Dot Com



Cara membuat karikatur wajah dari foto sangatlah mudah. Yang pasti dalam kesempatan ini saya ingin memberikan tutorial cara membuat karikatur wajah menggunakan Adobe Photoshop CS6. Anda yang memiliki photoshop versi lain juga bisa, soalnya menunya hampir sama cuman beda tampilan saja.

Sejarah Karikatur

Karikatur berasal dari Negara Italia pada abad ke-16. Pada abad 18 karikatur telah menyentuh masyarakat luas melalui media cetak hingga ke Negara Inggris. Sampai akhirnya karikatur juga masuk ke Negara Indonesia dimana karikatur banyak digunakan sebagai sarana kritik sosial dan politik.

Pengertian Karikatur

Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas dari objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia “caricare” yang artinya memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut.
Yo wes lah kalo sudah tau, kini saatnya kita berlanjut ke Tutorial cara membuat karikatur wajah menggunakan photoshop.

Cara Membuat Karikatur Wajah Menggunakan Photoshop

1.     Buka program photoshop.
2.     Open foto subjek yang akan dikarikatur. Sebagai contoh saya akan coba mengkarikatur gambar berikut :

Foto sebelum dikarikatur


3.     Setelah itu klik IMAGE>>ADJUSTMENTS>>BRIGHTNESS/CONTRAST.
Isi Brightness : 5  Contrast : 100 >>OK
4.     Klik SMUDGE TOOL>>Strength= 42 atau 70% lalu poleskan Tool tersebut diwajah subjek. Tool ini berfungsi untuk memperhalus wajah subjek sehingga terlihat seperti boneka/kartun . mainkan besar kecil size dari Smudge Tool sesuai dengan bidang wajah subjek. Tentunya beda bukan size untuk pipi dan alis.
5.     Masih di SMUDGE TOOL>>Size Tool=10>> Strength= 72 >>Tarik alis agar lebih panjang. Ini juga berfungsi untuk menarik atau memperpanjang garis wajah.
6.     Setelah dirasa pas, sekarang pilih tool >>BURN TOOL>>Range: Midtones>>Exposure:50%>>Hardness:0%>> Poleskan di bagian rambut, alis, garis wajah, hidung, mata dan bagian tepi kepala. Ini berfungsi untuk mempertebal atau memperjelas bagian yang dioles agar terlihat lebih tajam.
7.     Setelah di Burn tool, kemudian naikkan lagi Contras=29 di menu BRIGHTNESS/CONTRAST. Ingat hanya kontrasnya saja.
8.     Pilih DODGE TOOL>>Size: 60 px>>Hardness:0%>>Range: Midtones>> Exposure: 20%. Poleskan pada bagian wajah yang gelap atau dirasa terlalu hitam. Terutama bagian mata, pipi, dan dagu.
9.     Jangan lupa untuk selalu melakukan copy layer ( CONTROL+J) setiap anda melakukan perubahan yang dirasa sudah pas. Ini berguna apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada gambar, anda tidak memulai lagi dari nol atau dari awal.
10.                        Pada Menu FILTER>>LIQUIFY>>BLOAT TOOL>>BRUSH SIZE=90 >>BRUSH PRESSURE=100 >>Klik pada masing-masing mata satu kali. Lakukan hal yang sama pada lubang hidung. JANGAN KLIK  OK DULU !! MASIH DITEMPAT YANG SAMA, KLIK FORWARD WARP TOOL>>SIZE=90>>PRESSURE=100>>Tarik ke atas pada bagian jidad menggunakan Tool tersebut. Lakukan hal yang sama pada bagian hidung dan telinga menggunakan tool tersebut. Setelah selesai lalu klik OK atau tekan tombol Enter.
11.                        Nah, untuk penyempurnaan gelap terang-nya gambar, anda dapat masuk ke menu IMAGE>>ADJUSMENTS>>PRESET:CUSTOM>>CHANNEL:RGB>>INPUT LEVELS=22+1.19+220>>OUTPUT LEVELS: 0 DAN 255>>OK.
12.                        Langkah terakhir, anda harus melakukan penyesuaian warna dengan cara>>IMAGE>>ADJUSTMENTS>>HUE/SATURATION ( CTRL+U )>>HUE: +3, SATURATION: -9, LIGHTNESS: 0 >>OK.
13.                        Keseluruhan dari langkah diatas hasilnya akan seperti ini :

Foto sesudah dikarikatur


















Bagaimana, tentunya mudah bukan? Apabila masih kurang jelas atau mungkin ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar.

Kiranya cukup sekian tutorial singkat dari BPDC tentang “Cara membuat karikatur wajah dari foto” semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar membuat karikatur. Bila anda tertarik untuk kursus online gratis baca juga Kursus Belajar Bahasa Inggris Online di Sekolahpintar.com


0 comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar untuk mempererat tali silaturahmi. Terimakasih

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

kontes seo pusdiklat pemendagri

ims logistics











Anda Ingin Berlangganan?

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

socialmarker

share
Berbagi Pengalaman Dot Com ( BPDC ). Powered by Blogger.